Home » , , , » Merungkai Misteri Beribu Timbunan Cacing Tanah Keluar Dari Habitatnya

Merungkai Misteri Beribu Timbunan Cacing Tanah Keluar Dari Habitatnya


Merungakai Misteri Beribu Longgokan Cacing Tanah Keluar Dari Habitatnya Yang dikaitkan dengan GEMPA BUMI | Texas - Para penjaga Eisenhower State Park, Texas awalnya mengira, seseorang meninggalkan spageti, lengkap dengan bumbunya, di tengah jalan, di sekitar garis kuning yang memisahkan lajur. Namun, ketika didekati, benda misteri itu ternyata bukan mi Italia, melainkan timbunan cacing tanah berwarna merah muda yang membentuk barisan.

Para petugas menemukan fenomena luar biasa itu pada 29 Mei 2015, di jalan raya di belakang taman nasional di Denison, Texas, Amerika Serikat.


"Kami masih bingung, mengapa mereka memutuskan untuk berbaris di tengah jalan," kata inspektur di taman nasional, Ben Herman seperti dikutip dari ABC News, Kamis (4/6/2015).


"Bahkan ahli biologi kami pun tak habis fikir bagaimana cacing-cacing itu boleh menempatkan diri mereka dengan baik, mengatur jarak, dalam satu barisan yang sempurna."




Para penjaga (ranger) memutuskan untuk mengurai timbunan itu, untuk memastikan ada apa di sebaliknya. Ternyata, di dalamnya hanya terdiri dari cacing-cacing tanah belaka.

Haiwan yang tergolong daripada Oligochaeta tersebut ada di sana selama 2 hari, sebelum kembali ke dalam tanah, meninggalkan kotoran mereka di atas jalan.




Mengapa cacing-cacing tanah itu bersikap aneh?

Pihak Eisenhower State Park berpendapat, ada 3 teori yang boleh digunakan untuk menjelaskan fenomena tersebut.

Pertama, hujan lebat yang turun di Texas dan sekitarnya membuat tanah yang menjadi habitat para cacing tepu. Air yang meresap memaksa haiwan-haiwan invertebrata itu pindah ke kawasan yang lebih kering. Di atas jalan aspal.


Teori kedua adalah bunyi deruan hujan menyerupai suara predator yang menerjang masuk ke dalam lubang tempat para cacing berada. Jadi, mereka pun memutuskan pindah, saling berkumpul, untuk menghindari pemangsa. logik??


Namun tak ada yang boleh memberikan teori yang bernas, bagaimana cacing-cacing boleh sampai ke sana.




Teori yang ketiga, Gempa bumi? Ramai yang mengaitkannya dengan peristiwa gempa 5,9 skala Richter yang pernah pada, 27 Mei 2006 lalu di wilayah Berbah Indonesia ini kerana kejadian yang serupa berlaku sebelum terjadinya gempa bumi itu.

Walau bagaimana pun pihak Negara tersebut menafikan akan terjadinya gempa bumi sepertimana terjadinya di Indonesia, menurut pihak Negara tersebut memberitahu ia adalah perubahan cuaca dri musim hujan ke musim kemarau.


Merungkai Misteri  Beribu Timbunan Cacing Tanah Keluar Dari Habitatnya

sumber: ABC. news and frensz

0 comments: